Pengertian Manajemen Pendidikan

Manajemen pendidikan upaya untuk melakukan pengelolaan secara ter-struktur terkait bidang pendidikan. Sebelum membahas mengenai pengertian, ada baiknya untuk menyimak fungsi yang ada terlebih dahulu. Fungsi yang ada dalam manajemen pendidikan itu terdiri dari perencanaan atau planning guna kegiatan dapat berjalan dengan lebih sistematis. Kemudian pengorganisasian atau organizing sebagai sisi untuk dapat melakukan pembagian dari tugas yang ada. Lalu ada fungsi pergerakan atau actuating sebagai realisasi dari rencana dan organisir yang telah dibuat di awal. Pergerakan lebih untuk memberikan semangat agar dapat mencapai tujuan dari manajemen pendidikan yang ada. Termasuk fungsi pengawasan yang berguna mengetahui hasil yang sudah diperoleh itu sampai seberapa besar. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan manajemen pendidikan. dapat disimak dari penuturan dari tiga ahli berikut ini.

  • Made Pidarta

Manajemen pendidikan adalah kegiatan untuk mengumpulkan beberapa sumber terkait dunia pendidikan. sehingga dapat difokuskan untuk menuju pada tujuan yang sudah ditetapkan sesuai dengan pendidikan yang diharapkan. Pengertian dari manajemen pendidikan dituturkan oleh ahli Made Pidarta pada tahun 1988.

  • Soebagio Atmodiwirio

Manajemen pendidikan adalah proses untuk melakukan perencanaan, melakukan organisasi, untuk memimpin, untuk melakukan pengendalian. Fokusnya dilakukan oleh para tenaga pendidik serta sumber daya dari pendidikan itu sendiri. Guna menuju pada tujuan pendidikan yang diharapkan. Pengertian dari manajemen pendidikan ini dituturkan oleh ahli Soebagio Atmodiwirio pada tahun 2000.

  • Oemar Hamalik

Manajemen pendidikan adalah menyatukan beberapa unsur dalam pendidikan dan kemudian mencoba untuk dikembangkan. Dan fokus untuk mencapai pada tujuan dari manajemen pendidikan itu sendiri. Pengertian dari manajemen pendidikan ini dituturkan oleh ahli Oemar Hamalik pada tahun 2007.

Pengertian Secara Umum

Pengertian Manajemen Pendidikan
Pengertian Manajemen Pendidikan

Pengertian Manajemen pendidikan secara umum adalah manajemen yang perlu dilakukan perencanaan terlebih dahulu. Manajemen juga merupakan organisir  agar dapat sampai pada tujuan. Termasuk mengarah pada perlunya pengawasan yang terarah agar manajemen pendidikan tidak keluar dari tujuan yang ingin dicapai.

Semua pengertian selalu menyebutkan untuk mencapai pada tujuan. Tujuan dari manajemen pendidikan ada dua bagian. Tujuan yang diarahkan untuk tenaga pendidikan adalah dapat memberikan bekal pendidikan dengan manajemen yang baik. Sehingga peserta didik menjadi paham dengan pendidikan yang diajarkan. Kemudian tujuan yang diarahkan untuk peserta didik adalah agar dapat mematuhi manajemen pendidikan yang telah dibuat. Kemudian dnegan tertib mengikuti proses pendidikan sesuai dengan kurikulum yang ada. Pengertian dan tujuaan dari manajemen pendidikan juga perlu dipahami melalui konsep manajemen. Sehingga dapat berjalan secara terarah.

Konsep manajemen pendidikan yang mengacu pada dasar ilmu, maka ilmu yang perlu diberikan dalam manajemen pendidikan haruslah sesuai dengan yang ada. Konsep manajemen pendidikan yang mengacu pada dasar seni, maka ilmu yang perlu diberikan dalam manajemen pendidikan haruslah membekali peserta didik lebih terampil. Tidak sekadar pintar saja. Konsep manajemen pendidikan yang mengacu pada dasar proses, maka jelas setiap tindakan dan usaha itu perlu proses.

Untuk dapat tercapainya manajemen pendidikan itu juga perlu proses. Sehingga tidak ada kata instan dalam hal ini. Dan konsep manajemen pendidikan yang mengacu pada dasar profesi atau jabatan, maka setiap jabatan yang diampu adalah harus memenuhi unsur tanggung-jawab. Harus mampu memenuhi tugasnya sesuai profesi atau jabatan yang dimiliki. Untuk itu, sangat penting untuk mengetahui pengertian dari manajemen pendidikan agar setiap orang yang fokus dalam bidang pendidikan dapat menjalankan kewajiban dan hak sesuai tempatnya.

Sumber gambar:

http://makalahinyong.blogspot.com/2015/04/makalah-pendidikan-dalam-perspektif-filosofis.html

http://m.rmolsumsel.com/news.php?id=31272

Shares
- fan8 - web7