Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Pengertian manajemen menurut para ahli memang bermacam-macam. Untuk dapat mengetahui hal ini secara lebih terperinci, maka penjelasan mengenai manajemen bisnis dan manajemen keuangan berdasarkan pendapat beberapa pakar atau ahli akan anda temukan dalam pembahasan seperti di bawah ini dengan mengutip pernyataan beberapa ahli yang tidak sama di dalam mengartikan suatu sistem manajemen.

Definisi manajemen berdasarkan pendapat para ahli

  1. Koontz and Donnel (1972)

Menurut Koontz and Donnel manajemen adalah terlaksananya sebuah pekerjaan, melalui tindakan orang lain (dalam hal ini adalah pekerja atau pegawai).

Management is getting thing done through the efforts of other people”.

  1. Millet (1954)

Menurut Millet manajemen merupakan sebuah proses memimpin serta melancarkan sebuah kinerja dari orang-orang yang sudah terorganisir secara formal sebagai sebuah kelompok guna memperoleh suatu tujuan yang diinginkan.

  1. Davis (1951)

Davis berpendapat bahwa manajemen merupakan sebuah fungsi dari setiap bentuk kepemimpinan  eksekutif yang ada dimanapun.

  1. Kimball and Kimball (1951)

Berdasarkan pendapat Kimball and Kimball manajemen terdiri dari keseluruhan fungsi beserta tugas yang meliputi sebuah sistem penyusunan perusahaan, pembiayaan, penyediaan seluruh peralatan di sebuah perusahaan, penetapan garis-garis besar serta penyusunan kerangka organisasi hingga pada pemilihan para pejabat teras di dalamnya.

  1. Mary Parker Follet

Mary Parker Follet mengungkapkan bahwa manajemen adalah suatu bentuk seni guna melakukan pekerjaan melalui tindakan orang lain. Definisi manajemen dari Mary Parker Follet ini sendiri dapat memberikan perhatian kepada sebuah kenyataan jika para manajer mampu mencapai tujuan ketika menggunakan cara mengatur orang lain (pekerja) agar dapat melakukan berbagai hal yang di dalam suatu pekerjaan memang sangat dibutuhkan, bukan dengan melaksanakan pekerjaan secara mandiri.

  1. G.R. Terry

G.R Terry sempat mengungkapkan bahwa manajemen merupakan suatu proses atau keranga kerja. Di dalamnya melibatkan bimbingan atau pengarahan dari suatu kelompok orang yang mengarah ke tujuan perusahaan atai organisasional dengan maksud yang lebih real atau nyata.

  1. Prof.Dr.H.Arifin Abdulrachman
    Melalui buku yang berjudul “Kerangka Pokok-Pokok Management” Prof.Dr.H.Arifin Abdulrachman mengungkapkan bahwa manajemen dapat diartikan dengan:

    1. Kegiatan-kegiatan atau aktivitas-aktivitas.
    2. Proses yaitu kegiatan di dalam rentetan maupun urutan-urutan.
    3. Institut atau orang-orang yang melaksanakan kegiatan atau suatu proses kegiatan.
  2. Orward Tead

Menurut pernyataan Ordway Tead yang sudah disadur Drs.He.Rosyidi di dalam buku “Organisasi dan Management” didefinisikan jika manajemen merupakan sebuah proses serta kegiatan pelaksanaan usaha untuk memimpin serta menunjukkan arah penyelenggaraan tugas sebuah organisasi di dalam mewujudkan tujuan yang sudah ditetapkan.

  1. James A.F Stonner

James A.F Stonner mendefinisikan bahwa manajemen merupakan suatu proses perencanaan, proses pengorganisaasian, pengarahan serta pengawasan usaha-usaha dari para anggota organisasi beserta penggunaan sumber-sumber daya organisasi lain guna mencapai tujuan organisasi yang sudah lama ditetapkan.

  1. Dr.SP.Siagian

Di dalam sebuah buku berjudul “Filsafat Administrasi”, Dr.SP.Siagian mendefinisikan jika manajemen adalah sebuah kemampuan maupun keterampilan guna memperoleh suatu hasil dalam upaya untuk mencapai tujuan melalui tindakan kerja orang lain.

Sehingga dengan demikian dapat pula dikatakan bahwa manajemen merupakan sebuah administrasi, hal ini dikarenakan memang manajemen sendiri merupakan alat pelaksana yang paling utama dari proses administrasi.

Berdasarkan pengertian manajemen menurut para ahli seperti di atas, tentunya sudah dapat disimpulkan jika manajemen tidak jauh dari proses pelaksanaan sistem kerja yang umumnya dilakukan orang lain dan ditujukan untuk memperoleh hasil pencapaian tujuan perusahaan atau organisasi.

Sumber gambar:

http://nichonotes.blogspot.com/2015/02/pengertian-manajemen.html

Shares
- fan8 - web7