Pengertian Akuntansi Manajemen

Pengertian akuntansi manajemen menurut Chartered Institute of Management Accountants atau disingkat menjadi CIMA, adalah sebuah proses identifikasi pengukuran, analisis, akumulasi, interperetasi,penyusunan dan komunikasi informasi yang akan digunakan oleh pihak manajemen untuk dapat merencanakan, mengendalikan dan mengevaluasi  suatu dana agar dipergunakan secara baik dan sebagai mana mestinya.

Pengertian akuntansi manajemen
Pengertian akuntansi manajemen

Apa itu akuntansi manajemen? 

Akuntansi manajemen sendiri adalah salah satu bidang dalam akuntansi yang mempunyai tujuan menyajikan berbagai macam laporan yang ada hubungannya dengan keuangan untuk berbagai macam kepentingan yang ada di dalam perusahaan. Dengan begitu maka keuangan yang ada di dalam perusahaan akan ter-kontrol dengan baik dan juga dapat diatur dan diarahkan sesuai dengan manajemen untuk kepentingan perusahaan itu sendiri.

Pengertian akuntansi manajemen

Sebetulnya pengertian akuntansi manajemen tidak hanya satu, ada beberapa  pengertian yang perlu dipelajari dan juga perlu dimengerti dengan baik,agar dapat memahami dengan baik apa itu akuntansi manajemen.

  1. Mulyadi

Sebuah Akuntansi manajemen adalah informasi keuangan yang telah dihasilkan oleh pihak accounting yang digunakan untuk kepentingan intern sebuah organisasi.

  1. Halim dan Supomo

Sebuah akuntansi manajemen adalah sebuah kegiatan yang akan menghasilkan informasi tentang keuangan yang akan diserahkan ke pihak manajemen untuk mengambil keputusan dalam menjalankan fungsi sebuah manajemen.

  1. Charles T. Homgren

Sebuah akuntansi manajemen adalah sebuah proses mengindentifikasi, pengukuran, persiapan, analisa, akumulasi, penafsiran serta komunikasi mengenai sebuah informasi yang akan membantu para eksekutif dalam memenuhi tujuan perusahaan tersebut.

  1. RA Supriyono

Ini adalah kutipan yang diambil dari management Accounting Practices  disingkat menjadi MAP, dimana sebuah akuntansi manajemen adalah sebuah proses pengukuran, identifikasi, analisis, pengumpulan data, komunikasi, penyiapan informasi finansial yang akan digunakan untuk sebuah  evaluasi, perencanaan, pengendalian sebuah organisasi atau perusahaan atas sumber dana yang ada.

Perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen

Ada banyak orang yang mengira bahwa akuntansi keuangan itu sama dengan akuntansi manajemen.  Pada dasarnya  kedua hal tersebut sedikit berbeda. Walaupun sama-sama akuntansi, dan juga dibutuhkan dalam setiap perusahaan, namun tetap saja ada beberapa perbedaan diantara kedua cabang akuntansi tersebut.

  1. Pengertian

Jika akuntansi manajemen adalah jenis akuntansi yang hanya berisi laporan keuangan untuk pihak manajemen perusahaan. Jenis ini bersifat rahasia dan tentunya tidak boleh diketahui oleh umum.

Sedangkan akuntansi keuangan kebalikannya, adalah jenis akuntansi yang akan memberikan laporan keuangan secara keseluruhan terutama untuk pihak luar, atau pihak luar perusahaan.

  1. Pengguna laporan

Untuk akuntansi manajemen maka informasi yang akan diberikan hanya pada pihak managerial dan juga beberapa jenjang organisasi tertentu yang ada di dalam perusahaan tersebut.

Sedangkan untuk akuntansi keuangan maka pengguna laporan tersebut adalah siapa saja, baik para manager puncak dan juga berbagai pihak luar yang masih ada kaitannya dengan perusahaan tersebut.

  1. Rentang waktu pembuatan laporan

Untuk akuntansi manajemen  rentang waktu pembuatan laporan bersifat sangat fleksibel dan juga bervariasi. Ada yang berupa laporan 10 tahunan, bulanan hingga harian.

Sedangkan untuk akuntansi keuangan rentan waktu pembuatan laporan ada jangka waktunya, yaitu setiap kuartal, semester dan juga tahunan.

  1. Isi Laporan

Pada akuntansi manajemen isi laporan bersifat terperinci dan juga berisi berbagai macam laporan tentang bagian-bagian dalam perusahaan tersebut.

Untuk akuntansi keuangan maka isi laporan biasanya berupa ringkasan ringan atau bahkan berupa kilasan dari perusahaan tersebut, untuk masalah keuangan.

  1. Ruang lingkup informasi

Untuk masalah ruang lingkup informasi akuntansi manajemen hanya akan di sebar pada beberapa bagian perusahaan.

Sedangkan untuk akuntansi keuangan informasi di sebar pada semua orang yang ada di perusahaan tersebut.

  1. Sifat informasi

Sifat informasi yang akan diberikan pada akuntansi manajemen adalah unsur dan juga tafsiran informasi akuntansi yang ada.

Sedangkan untuk akuntansi keuangan adalah informasi yang sebenarnya tentang perusahaan tersebut, dan informasi tersebut tentunya penting untuk dibuat.

  1. Fokus informasi

Fokus informasi yang akan diberikan pada akuntansi manajemen bersifat memiliki orientasi waktu yang akan datang.

Sedangkan untuk akuntansi keuangan biasanya berorientasi pada masa lalu.

  1. Disiplin ilmu yang digunakan

Untuk disiplin ilmu yang akan digunakan pada akuntansi manajemen adalah ilmu ekonomidan juga psikologi sosial.

Sedangkan untuk akuntansi keuangan disiplin ilmu yang digunakan adalah ilmu ekonomi.

  1. Kriteria untuk informasi akuntansi

Pada akuntansi manajemen informasi yang akan diberikan tidak ada batasannya, tentu saja informasi yang akan diberikan harus yang bermanfaat untuk perusahaan tersebut dan dibutuhkan oleh pihak managerial.

Sedangkan informasi yang akan diberikan oleh akuntansi keuangan adalah prinsip umum dan tentunya sudah lazim diberikan oleh para accouting.

Maka dari itu dengan adanya perbedaan-perbedaan tersebut, maka wajar saja jika sebuah laporan hanya diberikan pada orang yang membutuhkannya saja.

Perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan

Jika tadi adalah beberapa macam perbedaan diantara kedua akuntansi tersebut, maka berikut adalah beberapa ulasan mengenai persamaan dari akuntansi manajemen dan juga akuntansi keuangan.

  1. Akuntansi manajemen dan juga akuntansi keuangan adalah sebuah kegiatan akuntansi yang akan menghasilkan informasi tentang keuangan sebuah perusahaan yang kemudian akan disajikan pada pihak yang membutuhkan.
  2. Akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk menyediakan laporan akuntansi, dan laporan tersebut akan menjadi dasar pengambilan keputusan.

Dengan adanya informasi seperti ini tentunya Anda tidak akan merasa bingung lagi, bagaimana membuat laporan dan juga tujuan membuat sebuah laporan keuangan. Semoga dengan adanya informasi tentang pengertian akuntansi manajemen, perbedaan dan persamaannya dengan akuntansi keuangan bermanfaat untuk semua.

Sumber gambar:

http://www.arenasuper.com/bandar-ibcbet-bri-prediski-atletico-madrid-vs-barcelona-29-januari-2015-copa-del-rey-leg-ke-2/

http://ekonomiplanner.blogspot.com/2014/06/dasar-dasar-akuntansi-manajemen.html

Shares
- fan8 - web7